2015-05-02

Jogja Super 4G-LTE

Kartu IM3 saya yang berumur lebih dari 12 tahun sudah diganti baru nih. Petugas tempat saya menukarkan kartu meminta saya menyebutkan nomor telepon dan nama. Lalu diminta menunjukkan KTP dan mengisi formulir.

Sama sekali tidak diminta menunjukkan kartu IM3 yang ingin ditukar. Mungkin karena nomor telepon didaftarkan sesuai dengan identitas saya.

Tak berapa lama, kartu yang baru (kartu LTE) sudah siap untuk saya bawa. Kartu LTE ini punya 2 ukuran, yaitu mini-SIM (ukuran yang biasanya itu) sekaligus micro-SIM (kecil):



Petugas bilang saya harus menunggu 1 jam sebelum kartu LTE diaktifkan di hape. Kira-kira 1/4 jam kemudian, kartu IM3 (yang masih terpasang di hape) tidak bisa terhubung ke jaringan.

Kartu di hape saya ganti dengan yang baru, hape otomatis memroses aktivasi kartu LTE. Lalu hape minta reboot (matikan, nyalakan lagi). Saya aktifkan mode pesawat, lalu nonaktifkan lagi (tanpa reboot). Kartu LTE sudah bisa digunakan, cek dengan cara menelpon dan SMS. Tidak perlu menunggu hingga 1 jam seperti saran petugas.

Oya, hape yang saya pakai bukanlah hape 4G-LTE. Di hape, kartu LTE ini disebut dengan "USIM":


Setelah nomor berhasil berpindah ke kartu LTE, kartu IM3 yang jadul saya simpan kembali di kotak ajaibnya:


Akhirnya saya berhasil membuktikan pendapat saya yang selama ini mendapatkan jawaban kurang tepat dari petugas layanan pelanggan Indosat.

PERTAMA



Kartu LTE bisa digunakan di perangkat yang belum mendukung 4G-LTE. Istilah asingnya "backward compatible". Tentu saja layanan yang diperoleh sesuai dengan spesifikasi perangkat tersebut, terbatas pada 2G atau 3G.

Kata Indosat, tidak bisa digunakan di hape yang belum berspesifikasi 4G-LTE.

KEDUA



Fitur pembayaran Google Play Store dengan memotong pulsa tidak muncul adalah karena kartu saya "bukan kartu Indosat". Kartu saya adalah kartu IM3 lama yang memiliki Mobile Network Code (MNC) 21. Sedangkan jaringan Indosat sekarang menggunakan MNC 01. Sehingga selalu muncul simbol roaming.
(Baca ini: Carrier Billing IM3 Tidak Aktif)

Kata Indosat, fitur ini belum bisa dinikmati semua nomor Indosat, masih diberlakukan secara bertahap.




Tambahan 2015.05.16:
Nomor saya akhirnya juga bisa terhubung ke hotspot SuperWiFi-SIM. Kartu IM3 yang lama belum pernah berhasil. Hotspot ini memanfaatkan kartu SIM (atau USIM) untuk otentikasinya sehingga tidak perlu mengisikan username dan password setiap kali terhubung ke hotspot tersebut.

Jika kartunya adalah SIM, gunakan EAP-SIM. Jika USIM, pakai yang EAP-AKA.

4 comments:

  1. […] Update 2 Mei 2015: Baca lanjutannya: JOGJA SUPER 4G-LTE […]

    ReplyDelete
  2. nukar kartunya bayar brapa, om? nggak harus bawa hp 4g?

    reply:
    Saya kemarin dapat gratis. Tidak ditanya tentang hape yang digunakan. Sampai sekarang juga belum punya hape 4G-LTE.

    ReplyDelete
  3. tukar gratisx pake syarat kudu ngisiin pulsa sekian ato register paket internet tertentu nggak?

    reply:
    Tidak pakai syarat seperti itu. Saat itu juga sempat ditawari untuk mengisi pulsa (tanpa disebutkan nominal), tapi saya menolaknya.

    ReplyDelete
  4. kalau langsung beli disana tanpa tuker bisa ga mas? pengen nyobain juga, soalnya ditempat sy yg paling bagus sinyalnya cuma indosat :)

    reply:
    Seharusnya untuk kartu baru sudah bisa LTE. Tapi tidak tahu juga apakah mereka tetap menjual stok lama. Lagipula nanti kartu yang lama ditukar juga.

    ReplyDelete