2015-01-17

Carrier Billing IM3 Tidak Aktif

Sejak 8 Desember 2014 dan bertahap hingga 5 hari berikutnya, Indosat mulai membuka fasilitas pembayaran Google Play dengan memotong pulsa (prabayar) atau ditagihkan ke tagihan bulanan (pascabayar). Belum 5 hari, di hape kecil saya (android 2.3.7) sudah terlihat pilihan pembayaran tersebut. Sedangkan di hape besar (android 4.2.2), hingga lewat 10 hari, pilihan pembayaran ini masih belum muncul.

Saya pun teringat bahwa kartu "IM3 Smart" di hape besar dulu dikeluarkan oleh PT Indosat Multi Media Mobile (Indosat-M3). Memiliki Mobile Country Code (MCC) 510 dan Mobile Network Code (MNC) 21. Sedangkan Indosat sekarang menggunakan MNC yang dulu dimiliki PT Satelindo, yaitu 01. Oleh sebab itu, di hape besar selalu muncul simbol "Roaming". Mungkin karena ini, Google Play menganggap hape saya tidak memakai kartu Indosat.



Lalu saya coba memindah kartu Indosat dari hape kecil ke hape besar. Ternyata benar dugaan saya, pilihan pembayaran pakai pulsa akhirnya muncul. Kita bisa menggunakan ISP (penyedia jasa internet) apa saja, tidak harus Indosat. Yang dideteksi hanyalah kartu SIM yang digunakan (di slot 1 untuk hape dual SIM), bukan jaringan internet untuk terhubung ke Google.

Buka aplikasi Google Play di hape, pencet menu, lalu pilih My account:
0-google-play

Saat menggunakan kartu IM3 Smart, pilihan pembayaran yang dimaksud tidak ada. Setelah diganti kartu Indosat, muncullah "Enable Indosat billing", pencet saja:
1-my-account

Lalu kita diminta mengisikan data pembayaran. Yang ada tanda seru harus diisi:
2-payment-method

Jika kita buka Google Wallet di komputer, "mobile carrier billing" akan terlihat di sana. Namun ada keterangan bahwa cara pembayaran tersebut hanya bisa digunakan di hape:
3-google-wallet

Saya harus menukarkan kartu IM3 lama ini dengan yang baru. Jika tidak, carrier billing Indosat tidak akan muncul di Google Play. Namun sepertinya penukaran tersebut menunggu kartu LTE Indosat hadir di sini sekalian.

Jika bertanya ke layanan pelanggan, selalu dijawab bahwa belum semua nomor mendapatkan fitur beli aplikasi pakai pulsa, masih bertahap. Mungkin petugasnya tidak mengalami zaman di mana IM3 dan Mentari dulu berbeda perusahaan.

Spesifikasi:
android: 4.2.2 (dan 2.3.7)
google play: 5.1.11
ISP: bukan Indosat




Tambahan 2015.05.02:
Baca lanjutannya: JOGJA SUPER 4G-LTE

6 komentar:

  1. Baru paham kalau kayak gitu :-)

    BalasHapus
  2. Sob punya saya kok waktu pencet enable indosat biling kok tulisannya terjadi terjadi kesalahan coba lagi....

    reply:
    Berarti diminta mencoba lagi.

    BalasHapus
  3. Sebetulnya ga harus di Slot 1 mas sim card nya tapi yg aktif, kalau dual sim kan bisa digeser2 mana yg aktif, sy tes berkali2 bisa. Kebetulan pake isat & Tsel dan kalau lagi pilih Tsel maka pas masuk play store yg aktif billing telkomsel begitu juga sebaliknya tanpa harus pindah slot kartu manual

    Kalau ga berubah masih tetep baca slot kartu lain / ga muncul di play store restart dulu hpnya

    Pengalaman sy aja mas ga tau kalo yg laen tapi tes berkali2 selalu begitu hasilnya :)

    reply:
    O bisa begitu ya? Kalau di hape saya kebetulan tidak bisa. Sudah dicoba hal-hal tersebut di atas, tetap hanya slot 1 yang dideteksi.

    BalasHapus
  4. Iya mas begitu, saya coba pake 2 hp dual sim card hasilnya sama.
    Yang penting pas mau buka play store yg aktif harus yg mau kita set billingnya, kalau belum berubah restart dulu hpnya

    Jadi di HP 1 sy aktifin Indosat sedangkan HP ke 2 sy aktifin Tsel billingnya (sim card slot 2) sy pake LG dua2nya

    BalasHapus
  5. Nyobain ah mau beli aplikasi :) karena males pake cc, moga aja berhasil

    BalasHapus
  6. […] Fitur pembayaran Google Play Store dengan memotong pulsa tidak muncul adalah karena kartu saya “bukan kartu Indosat”. Kartu saya adalah kartu IM3 lama yang memiliki Mobile Network Code (MNC) 21. Sedangkan jaringan Indosat sekarang menggunakan MNC 01. Sehingga selalu muncul simbol roaming. (Baca ini: Carrier Billing IM3 Tidak Aktif) […]

    BalasHapus