2009-10-12

Kendali dalam Genggamanmu

Dari komentar Om Billy, baru kutahu kalau Bank Muamalat sudah memiliki layanan mobile banking (MuamalatMobile) seperti Bank Syariah Mandiri (BSMobile). Yaitu berupa aplikasi java di ponsel untuk mengakses layanan perbankan, seperti: cek saldo, info transaksi terakhir, ganti PIN ATM, transfer, dll.

BSMobile adalah aplikasi mobile banking berbasis java yang pertama. Yang saya ketahui, sekarang yang memiliki layanan seperti ini baru 2 bank tersebut (ini yang kutahu lho ya). Mobile banking milik bank lain sepertinya masih berupa SMS Banking yang bisa dikatakan tidak aman karena isi SMS tidak dienkripsi.

MuamalatMobile dapat diunduh di muamalat-mobile.com melalui ponsel yang akan diinstal aplikasi tersebut. Atau mengunduh menggunakan komputer, kemudian menyalinnya ke ponsel untuk diinstal.
Setelah berhasil diinstal di ponsel, kira-kira muncul icon aplikasi MuamalatMobile seperti ini:
HaPe




Saat kali pertama dijalankan, kita diminta untuk melakukan registrasi account melalui aplikasi ini juga. Setelah account berhasil dibuat, silakan login dengan User ID dan Password yang telah didaftarkan. Lalu daftarkanlah semua rekening Bank Muamalat yang kita miliki agar dapat diakses melalui MuamalatMobile.
LoginSalam Pembuka


Berikut ini beberapa contoh tampilan MuamalatMobile selanjutnya:

Menu Utama

Menu BankingTransaksi Terakhir

Pilih RekeningDaftar Mutasi

Menu Customer CareMenu Security


Kucoba untuk melihat-lihat fitur, cek saldo, hingga daftar transaksi terakhir membutuhkan koneksi data tidak lebih dari 10 kB.

29 komentar:

  1. mantap,,....klo bca ada gk yah?
    skr bru pke ibanking

    BalasHapus
  2. hebat! bank syari'ah jadi pelopor teknologi

    BalasHapus
  3. Shar'e memang ok. thank's om billy

    BalasHapus
  4. sy udh download muamalat banking dan berhasil,sdh sy gunakan untk cek saldo dan pindah buku.tp ketika beberapa hari kmudian sy mau login ga bisa2 pdhl sy sdh masukin id user dan password dgn benar.berkali kali sy coba tp tetep ga bs login,n sy dharuskan registrasi ulang.wktu sy registrasi ulang,katanya data sy sdh tersimpan..trus sy harus registrasi lewat apa kalo data sy tetep tersimpan tp say ga bs login??

    BalasHapus
  5. MUAMALAT MOBILE emang TOP...masalah sy udah teratasi n sy bener2 terbantu..memudahkan sy pindah buku tanpa repot2 ke atm apalagi ke teller,krn sy skg pindah di kota yg belum ada kantor banknya...thx MUAMALAT.


    reply:
    Selamat atas terselesaikannya masalah Anda. :D
    Saya berpikir, kira-kira yang bermasalah di bagian mana ya? Hmm...

    BalasHapus
  6. Weh ... baru tau ada nyang begini ... bank-bank lain kapan nyusul yah ...

    BalasHapus
  7. wogh, udah lama gak jalan2 kemari. :)
    setuju ama Eci, bank syariah menjadi pelopor teknologi mobile. keren!
    kurangnya, beberapa fitur pada muamalat mobile belum semua dibuka oleh bank muamalat, seperti pembayaran, pembelian, zakat, transfer antar-bank dll..
    kita tunggu saja, moga2 tidak lama lagi semua fitur akan diaktifkan bank muamalat.

    donna mayha: coba telpon ke salaMuamalat, ane juga pernah ngalamin hal serupa. prosesnya gak lama. ya ujung2nya sih registrasi ulang. :)

    ryan: nice blog!



    reply:
    Ini dia, orang yang kumaksud dalam tulisan ini.
    Terima kasih, Om.

    BalasHapus
  8. Sayang blom bisa beli pulsa telpon lewat mobile bankingnya muamalat yah ... males kudu nyari agen pulsa

    BalasHapus
  9. klo BCA, HSBC, MANDIRI, punya mobile banking...itu sih biasa!!!!! mereka kan konvensional...

    Nah..klo Bank Muamalat punya "Muamalat Mobile"..itu baru RRRUUUUUAAAARRR BIASA!!!! keren gitu loch...!!

    Salut bangerrt buat Muamalat..udah pelopor Bank Syariah...pertama murni syariah lagi jargonnya...trus pelopor teknologi syariah juga...wahh Subhanalloh banget!

    Buat Bank syariah lainnya...boleh nih dicontoh Rajanya Bank Syariah!!!



    reply:
    Kalau mobile banking yang model begini, baru BSM dan Muamalat yang punya. Bank lainnya (termasuk bank ribawi) belum memiliki aplikasi ini.

    BalasHapus
  10. Two Thumbs Up
    kereeeen!!!!

    BalasHapus
  11. thanks atas info nya ini yang saya cari dari kemaren dan satu lagi harapan kita yakni internet bankingnya muamalat....go freedom for transaction...

    BalasHapus
  12. aduh kok susah ya registrasinya....ga bisa edit HP ku motorola L6 via website registrasi user name nya bisa nggak ya?



    reply:
    Via internet setahu saya belum bisa.

    BalasHapus
  13. nanank arani23 Desember, 2009

    saya menggunakan Samsung Star S5233s, tapi kok di www.muamalat-mobile.com nggk ad pilihan untuk Hp saya.....jadi bagaimana solusinya?

    reply:
    Mungkin bisa dicoba dengan model lain yang memiliki ukuran layar yang sama. Maaf, saat ini saya tidak tahu spesifikasi ponsel tersebut seperti apa dan model mana yang mirip.

    BalasHapus
  14. coba deh anda pake fasilitas BSMMobile dari Bank Syariah Mandiri....
    ini aplikasi hebat banget...kalo hanya sekedar ganti pin, cek saldo... itu mah sudah biasa... tapi ini bisa transfer antar bank seluruh bank di Indonesia real time, kliring juga hanya lewat Handphone, RTGS juga bisa... gile ini bank...
    dan hebatnya lagi kalo transfer ada konfirmasi nama pemilik rekening tujuan sebelum transaksi dilakukan, jadi meminimalisir kesalahan ketik... hebat tenan.... yang konvensional yang paling jago juga belum ada....
    hidup BSM

    BalasHapus
  15. wah... nanank arani hpnya sama punye ane...
    emang canggih ini hp...
    apalagi kalo dipakai untuk aplikasi BSM Mobile dari Bank Syariah Mandiri.... tinggal sentuh-2 lembut.. transaksi beres...
    bank syariah satu ini memang hebat teknonya... bayangkan hanya dengan hp kita bisa transaksi transfer ke seluruh bank di indonesia bisa langsung real time, saat itu juga sampai ke tujuan.... mana atmnya juga sudah terhubung ke bca, atm bersama, atm mandiri, meps malaysia, ....
    jadi kalo hanya untuk transaksi non cash... cukup dari hap aja dan bukti transaksi langsung dilempar ke email kita...dijamin valid
    gile ini bank....
    hebat BSM, hidup BSM

    BalasHapus
  16. loh mas si S45 pensiun sekarang ?? kok jadi berwarna layarnya ?? :D



    reply:
    Masih dipakai kok.
    Kalau dilelang, ada yang berani menawar setinggi apa ya?
    Penawaran dibuka 2 juta deh. :lol:

    BalasHapus
  17. hp 6120 classic ku setelah instal tetapi ga bisa masuk ke menu registrasi kenapa ya



    reply:
    Berdasar pengalaman:
    1. tidak dapat melakukan koneksi data (ada setting yang salah di hape, atau akses data sedang ada gangguan di sisi operator)
    2. server bank sedang dalam perbaikan

    BalasHapus
  18. wah saya sudah ber-kali-kali nyoba di 3 hanphone, tapi semuanya ga bisa, koneknya lamaaaaaaaaa banget, susah banget!! saya yakin bukan karena jaringan selular, tapi kayaknya dari pihak muamalatnya yang susah. nah trus saya pernah pake hp no**a 5300, ternyata bisa, nah trus daftar deh, tapi setelah beberapa kali salah pin (lupa soalnya), trus di blokir(wajarlah), kalo ngaktifin lagi gimanaya???



    reply:
    Silakan hubungi SalaMuamalat atau datang langsung ke bank.

    BalasHapus
  19. muhammad luthfi23 Februari, 2010

    saya nasabah yg pake BSMobile.dulu waktu HP saya N73 bisa diinstall dan digunakan tanpa masalah.tapi sekarang saya pake E63 kok malah ga bisa ya?
    ada yg tau kenapa ga?

    BalasHapus
  20. mas Agus "49005"16 Maret, 2010

    aku pake hape i-mobile TV640....tak buat instal muamalat-mobile bs. jg bs konek bgs....tp kok loading baca datanya sgt lama bahkan nggak nyambung2, mohon solusi......



    reply:
    Kemungkinan server MuamalatMobile sedang mengalami gangguan sehingga perlu diulang beberapa waktu kemudian. Pastikan aplikasi MuamalatMobile diijinkan untuk melakukan koneksi data dengan setting yang sesuai.

    BalasHapus
  21. misi, numpang tanya... aplikasi java buat m-banking mandiri ada ga ya ? yg resmi dari Mandiri. soalnya klo sms banking kan make ketik sms tuh. malas... haha, klo bisa ada aplikasi Java gitu.

    klo ada yg tau kirim ke imel ya
    zero_fauzi@yahoo.com

    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  22. Baru hari ini aku tahu ada aplikasi top markotop kayak gini. Yaaaa.... Langsung deh tak donlot, install, registrasi..... Sukses dan .... Langsung tanceeeeep..... Makasih infonya. Jazaakumullah khairan


    reply:
    Sama-sama.

    BalasHapus
  23. Bambang Tri Widiatmoko03 Januari, 2011

    saya ingin tau bagimana cara ngecek saldo shar-e muamalat dengan menggunakan internet,dari daerah yg terisolir(tdk ada sinyal HP)tp ada access internet,trmaksh



    reply:
    Setahu saya Muamalat belum punya fasilitas internet.

    BalasHapus
  24. Iyah sama spt sdr. Nanank Arani, HP saya Samsung Star S5233W, tp wktu buka di websitenya kug ga ada daftar type HPnya yah? Apa emang samsung star blm mendukung aplikasi ini yah?



    reply:
    Kemungkinan memang begitu.

    BalasHapus
  25. Abdurrohman04 Maret, 2011

    Mas, saya mencoba download bsm mobile di hp nokia 6303classic tapi saat download selesai ada tulisan "invalid application". apa hp saya be;um support? Apa ada solusi?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  26. terima kasih. Sy sudah pernah daftar dan berhasil di se w200.. Hny sj skrg sy instal di se j105i dan lupa password MB-y sdh coba brkali2 gk bs2.. Mhn solusi.terima kasih

    BalasHapus
  27. salam silaturahmi boz..........?? mohon info nich... to hp nokia 2730 bsa d instal ini g nich.....????
    thanks atas infonya boz.

    BalasHapus
  28. saya nyoba untuk registrasi m-banking semua data sdh saya isi lengkap tp setelah saya tekan tombol proses, ada pemberitahuan "Nomor PIN yang anda masukkan kurang dari 6 digit, masukan dengan benar" padahal PIN saya 4 digit.
    Mohon solusinya,,

    reply:
    Berarti Anda masih menggunakan PIN lama. PIN baru sekarang terdiri dari 6 digit, semua nasabah yang masih memakai PIN 4 digit dianjurkan segera mengubah PIN. Anda harus mengubah PIN di ATM Muamalat, SalaMuamalat (phone banking), atau datang ke kantor cabang Muamalat.

    BalasHapus
  29. astutik sby15 Oktober, 2011

    Sy mw dwnload mobile banking dg samsung galaxi mini tapi ada dlm daftar tipe hp. Apa yg harus sy lakukan. Tq

    BalasHapus