2017-05-09

Kabel AUX-in di Head Unit Mobil JVC KD-G425

Di head unit (tape mobil, kata orang kampung saya) JVC KD-G425 (model lama, belum bisa baca USB), ada pilihan masukan "EXT IN". Tapi tidak ada lubang colokan yang terlihat.


Setelah baca buku manual, katanya colokan ada di bagian belakang. Bisa disambungkan ke line-in / aux-in, CD changer, maupun iPod. Untuk aux-in, harus pakai kabel yang mereka beri kode KS-U58.


Dicari di pasar internet Indonesia, tidak ketemu penjualnya. Di pasar internet luar negara ada banyak, tapi terlalu lama menunggu kiriman paketnya. Akhirnya disambung kabel AUX langsung. Disolder ke PCB.


Untuk menyambung kabel ini, cukup membuka tutup / sisi bagian bawah saja. Tinggal dibalik (upside down), lalu congkel pada beberapa tempat bertanda "OPEN" di sisi kiri-kanan-belakang, tanpa membuka sekrup satupun.

Kabel AUX bisa dibeli di toko elektronik, audio, aksesoris hape, dll. Saya beli yang murah di tukang pulsa dekat rumah. Di kedua ujung berupa colokan stereo 3,5 mm, seperti yang biasa dipakai di hape. Potong salah satu colokannya, akan terlihat 3 buah kabel: sinyal audio kiri, kanan, dan ground.

Untuk mengetahui kabel mana yang kiri, kanan, maupun ground, bisa menggunakan multimeter. Bisa juga pakai tespen DC. Atau dengan cara saya, pakai seutas kabel, baterai, dan bohlam. Terserah, gunakan peralatan yang ada. Tes kabel yang ini, di colokan nyambung di mana. Tes kabel yang itu, lalu kabel satunya.


Posisi titik kiri-ground-kanan di PCB berurutan dan cukup rapat. Karena belum ahli menyolder di komponen kecil, kabel ground saya solder di titik lain tapi masih satu jalur agar tidak nyenggol kabel kiri-kanan. Sebaiknya kabel ground untuk audio tidak disambung ke chasis karena jalurnya memang berbeda.

1 komentar: