2007-02-07

Akses Jaringan

Suatu hari seorang kawan bertanya padaku, "Apa saja yang diperlukan untuk kebutuhan pengguna seperti dirimu?" Ini adalah sebagai masukan untuk pengembangan rilis berikutnya.

Kemudian kuberitahukan beberapa hal.

Akses internet di kos:
Biasanya aku pakai GPRS saat ingin cek pesan di instant messenger. Saat keinginan tersebut tidak bisa ditunda. Sudah ngebet banget gitu deh. Dan saat ingin kirim imel yang cukup "penting", harus dikirim segera. Dulu sebelum Knoppix menyertakan fitur akses via GPRS, GPRS bisa diakses seperti halnya akses via dial up telefon kabel. Tinggal menyeting koneksi modem (ponsel dianggap sebagai modem eksternal), setting APN, dan juga nomor akses (tergantung operator yang digunakan).

Kalau sekarang (di kantor), perlu aplikasi untuk koneksi ke server database (biasanya pakai Remote Desktop Connection). Di Kuliax kan sudah ada Krdc. Setelah kutambahi rdesktop, Krdc di Kuliax baru bisa terhubung ke server tersebut.

Sistem operasi server database adalah MS Windows 2000 Server. Kuliax yang kuinstal adalah satu-satunya komputer Linux di kantor ranting ini. Sepertinya hanya itu di tingkat cabang. Mungkin juga satu-satunya di tingkat atasnya lagi. Yang lain adalah komputer-komputer berjendela. :)

1 comment:

  1. Apa yg dimaksud akses jaringan?

    ReplyDelete