2006-12-16

Test Drive Kuliax

Barusan saya mencoba Kuliax. Awalnya sengaja saya boot secara default (langsung tekan tombol Enter).
jret jret jret...
Terus muncul splash screen.
Kemudian...
Eh, loh, eh...
Monitor saya (LG Studioworks 505G) tidak mampu menampilkan gambar.
"Wah, iki frekuensiné mesthi kegedhén," pikir saya.

Lalu saya boot ulang, tetap dengan setting default namun saat muncul splash screen saya tekan tombol Esc. "Lha dalah, lak yo tenan to, frekuensiné gedhé banget, 85 Hz."

Lalu saya boot ulang lagi, saya coba ubah setting frekuensinya (parameter vsync dan hsync). Angka yang dimasukkan agak sedikit asal gitu deh, tidak tahu perbandingan frekuensi vertikal dengan horizontal itu berapa. Pokoknya masih dalam batas toleransi yang mampu ditampilkan oleh monitor.

Akhirnya bisa sukses. "Tapi kenapa cuma 60 Hz sih? Mata bisa mudah lelah nih. Ah, kapan-kapan waé ngubahé. Saiki dolanan dhisik."

Setelah video agak beres, kini saatnya mencoba audio. Saya buka pemutar lagu favorit, XMMS. Saya mainkan sebuah lagu. Langsung main, kotak visualisasi juga ikut bergoyang. "Lho, suarané endi?"

Saya naikkan volume suara, tetap membisu. Saya buka preferensinya.
Ooo... pakai ALSA, saya biasanya pakai yang OSS. Meskipun diganti tetap tidak ada perubahan. Kemudian saya buka mixer, pakai KMix. "Lho, kok di-mute? Wah, si Iwan ki piyé to, mosok di-mute? Mesthi pas awal loading X11 ki mau yo ono suarane."

Belum banyak yang saya eksplorasi dari distro ini, saya matikan komputer dulu. Toweweweng... terdengar musik proses shutdown dari speaker. "Tenan ki, mesthi sing isik mau yo ono suarané!"

1 komentar:

  1. Saya pakai montor LG Studioworks 505G. Saat Booting dan loading dia bisa tapi saat tampilkan desktop XP tidak bisa. Tapi Dia tampilkan layar gelap dengan tulisan:
    OUT OF FREQUENCY
    HF: 56,4 kHZ
    VF: 70,0 HZ
    OPERATING FREQUENCY
    HF: 30 - 54 kHZ
    VF: 50 - 120 HZ
    Bagaimana cara untuk membuat dia bisa tampilkan desktop xp atau win xp?? Mohon bantuannya ya???

    BalasHapus