2016-10-27

Mengganti Kartu 4G LTE 3/Tri di Rumah (Jogja)

Meskipun di Yogyakarta belum ada LTE dari Tri, tanggal 12 Oktober 2016 sore saya ditawari untuk menukarkan simcard menjadi USIM 4G.

Seperti ini tawaran melalui SMS dari nomor 868:

"Upgrade kartumu menjadi USIM 4G dan dptkan kecepatan akses internet handal di bbrpa kota dgn jaringan 4G Tri. Balas sms ini dgn #nama/nmjln/nomor/rt-rw/kec/kota/kd.pos# maka kami akan kirim kartu Tri 4G langsung ke lokasi kamu, tanpa biaya!"



Saya tanggapi saja daripada kelak harus repot antre di 3 Store. Saya balas SMS sesuai format yang diberikan, lalu lupakan.

Tanggal 25 Oktober 2016 (setengah bulan kemudian) saya menerima sebuah paket dengan sampul transparan. Saya lihat kertas resinya, dikirim dari Jakarta tanggal 20 Oktober 2016.


Berisi sebuah USIM/simcard 4G yang belum diaktivasi. Punya 3 ukuran sehingga dapat dipakai pada hape dengan slot simcard ukuran mini, mikro, maupun nano. Di sana tertulis agar saya menghubungi 3Care, menelpon nomor 123 untuk mengaktifkannya.


Sore hari saya hubungi 123. Setelah tersambung, bingung bagaimana langkah selanjutnya karena tidak ada menu langsung untuk berbicara dengan customer care (CS). Saya coba-coba pilihan yang tersedia, akhirnya ketemu. Setelah terhubung dengan 123, selanjutnya pencet pilihan nomor 6, lalu pencet 0 (nol).

Petugas CS menanyakan:
- nama,
- nomor hape (0899...), dan
- nomor simcard (tertulis di kartu: 8962...)

Diminta menunggu sebentar untuk dilakukan pengecekan. Selanjutnya ia menyampaikan bahwa proses aktivasi akan berlangsung selama 1x24 jam. Jika simcard yang lama sudah tidak dapat terhubung ke jaringan, gantilah dengan USIM yang baru. Maka proses pemindahan/upgrade selesai.

Durasi telpon tersebut selama kira-kira 8 menit dengan biaya Rp 300 per panggilan.

Kira-kira 6 jam kemudian, pas lihat hape, terlihat bahwa nomor Tri sudah tidak terhubung ke jaringan.


Mumpung belum tidur, saya ganti dengan USIM yang baru. Karena belum ada sinyal LTE dari Tri, tidak terlihat adanya perbedaan pada tampilan di hape (Redmi 2). Kalau di hape yang rusak (A7S), dulu bisa dilihat ada yang berbeda:
ry.web.id/2015/05/jogja-super-4g-lte.html

Ada yang tahu pakai aplikasi apa untuk melihat perbedaannya di Redmi 2?


======= Tambahan =======
2016.11.27:
Setelah proses upgrade berhasil, saya diberi bonus internet hingga 1 GB per hari khusus jaringan 4G (selama 30 hari). Karena sinyal 4G Tri di Yogyakarta baru muncul tanggal 26 November 2016 malam menjelang pergantian hari, maka bonus tersebut tidak dapat saya gunakan secara maksimal. Sekarang masa berlaku bonusnya sudah habis.

1 comment:

  1. Mas web sama Google Adsensenya di jual gk ?

    Kalau di jual hub pin BBM D11D5C05

    ReplyDelete