2017-05-13

Agar Antena Otomatis Keluar Saat Mendengarkan Radio Saja

Masih dengan head unit sebelumnya. Antena otomatis (dengan motor) selalu keluar saat head unit menyala, meskipun saat memutar CD ataupun pakai AUX (bukan mendengarkan radio).

Ternyata ada kabel yang tertukar, yaitu kabel warna biru-putih (Remote Output) dengan kabel warna biru (Power Antenna).



Kabel Remote Output biasanya disambungkan ke subwoofer ataupun amplifier tambahan. Kabel ini sebagai pengirim sinyal sehingga subwoofer atau amplifier otomatis menyala dan mati mengikuti head unit.

Kabel Power Antenna sebagai pengirim sinyal bahwa radio sedang aktif sehingga antena akan keluar. Jika sumber masukan yang dipilih adalah CD atau AUX, maka tidak ada sinyal yang dikirim sehingga antena kembali masuk.

Saya kesulitan menukar kabel dengan cara yang rapi. Akhirnya kabel biru-putih dipotong di tengah, lalu yang ke arah kabel mobil disambung dengan kabel biru. Kabel biru-putih sisi satunya ditutup rapat agar tidak terjadi korsleting jika menyenggol chasis.

Antena radio saat keluar membuat kelihatan norak (menurut saya). Jadi seperti mobil radio control. Ingin saya tambah saklar untuk antenanya. Antena boleh keluar hanya saat benar-benar butuh penguat sinyal radio dan mobil di tempat yang tidak memalukan.

No comments:

Post a Comment