2019-02-14

Mengganti Lampu Yamaha Mio

Lampu utama (lampu dekat) skutik mio sudah tidak mau menyala selama beberapa waktu. Sementara diakali dulu dengan menyalakan lampu jauh, tapi arah sorot cahaya diatur paling minimal (jadi lampu dekat).

Lalu ada yang ikut-ikutan padam. Tidak mau menyala. Yaitu lampu latar spidometer. Saat siang hari, memang tidak berpengaruh. Namun saat malam, benar-benar gelap! Jarum spidometer, jarum indikator bensin, dan odometer tidak terlihat.

Akhirnya coba-coba membuka rumah lampu. Mengganti lampu utama sekaligus lampu spidometer.



Sekali dayung, dua ...
(gimana lanjutannya?)

Yahh, sekali saja.


A. MEMBUKA BATHOK LAMPU


Ada 4 buah sekrup yang harus dilepas. Dua di depan, di bawah tuas rem kanan dan kiri. Dua lagi di samping, dekat lubang masuk kabel gas (kanan) dan kabel choke (kiri). Keempat sekrup memiliki bentuk dan ukuran yang sama.


Spion tidak perlu dilepas. Kalau sepeda motor satunya, Karisma X, jumlah sekrup lebih banyak dan bervariasi serta kedua spion harus dilepas.

Setelah 4 sekrup dilepas, buka perlahan penutupnya, lampu utama akan ikut bersama penutup ini. Di bagian atas ada 6 pengait, tinggal direnggangkan pakai tangan sampai terlepas.



B. MENGGANTI LAMPU UTAMA


Melepas bohlam lampu utama sangat mudah. Soket ditekan sedikit, putar sedikit juga (berlawanan arah jarum jam), angkat. Lalu bohlam tinggal angkat juga.


Ternyata lampu dekat tidak menyala bukan karena bohlam putus. Filamen terlihat masih utuh. Yang menyebabkan tidak menyala adalah konektor/kaki bohlam sudah aus sehingga tidak lagi tersambung ke soket.

Untuk memperbaikinya, tambahkan timah solder ke kaki tadi. Kalau tidak punya solder, panasi saja pakai korek. Jress.. nyambung lagi dah.



C. MENGGANTI LAMPU SPIDOMETER


Spidometer tidak perlu dilepas dari dudukannya. Ada 3 lampu di spidometer ini, yaitu indikator lampu jauh, sein, dan lampu latar/backlight. Ketiganya menggunakan bohlam dengan jenis soket T5.


Lampu latar berada tepat di bawah logo garpu Yamaha. Hanya satu saja, posisinya pun bukan di tengah sehingga bagian spidometer yang jauh dari lampu akan terlihat lebih redup.

Soket lampunya terbuat dari karet. Untuk melepas, tarik dengan kuat. Lampu aslinya berupa bohlam pijar yang diselubungi selongsong warna biru. Sepertinya untuk memudarkan warna kekuningan yang biasa timbul pada lampu pijar. Yang ini, filamen pada bohlam terlihat putus. Jadi, memang harus diganti, tidak bisa dioprek seperti pada kasus lampu utama tadi.


Jika mau diganti lampu LED, perhatikan kutub-kutubnya. Kabel warna coklat adalah kutub positif (+), sedangkan yang hitam adalah negatif (-). Jika terbalik pemasangan lampunya, lampu tidak akan menyala.



---
Video tentang ini di youtube:

Ganti Bohlam Lampu Utama Yamaha Mio 2011
https://youtu.be/8UzF18V3yCY


Mengganti Bohlam Spidometer Yamaha Mio 2011
https://youtu.be/snu0V8aLUxI

No comments:

Post a comment