2012-03-07

MuamalatMobile di Android

Dahulu kala saat menggunakan ponsel jutaan umat, ada aplikasi perbankan yang sangat berguna yang saya pakai, berbasis Java MIDP 2:
http://ry.web.id/?p=528

Setelah menggunakan ponsel robot, aplikasi tersebut menjadi jarang saya pakai. Rekening bank ini juga memang saya istirahatkan (bukan ditutup). Saat itu saya beralih ke layanan bank lain yang mempunyai fitur internet banking untuk memudahkan pekerjaan.

Sebenarnya aplikasi berbasis java untuk ponsel jutaan umat tersebut dapat dijalankan di ponsel bersistem operasi Android menggunakan aplikasi pendukung, kita sebut saja "J2ME runner".



Proses instalasi aplikasi J2ME di android bisa bermacam-macam, langkah-langkahnya tidak selalu sama persis. Proses yang saya lakukan kira-kira seperti berikut ini:

1. Mengonversi berkas .jar menjadi .apk melalui http://www.netmite.net/android/srv/2.0/getapk.php.
Berkas .jar yang saya pakai adalah http://v2.muamalat-mobile.com/installer/files/Nokia-E71-mbanking-muamalat.jar.
2. Berkas .apk hasil konversi dari .jar di atas diinstal di ponsel. Aplikasi ini belum dapat dijalankan karena J2ME runner belum terpasang di ponsel.
3. Mengunduh J2ME runner (http://www.netmite.net/android/rc/andme/2037/andme_signed.apk) kemudian diinstal di ponsel android.
4. Jalankan aplikasi dan registrasi ulang mobile banking Muamalat.





Menurut sebuah sumber, pihak bank sudah mengembangkan aplikasi untuk Android. Namun masih perlu banyak pembenahan (aplikasi belum stabil) sehingga belum dirilis untuk umum.

Catatan:
* Saya belum mencobanya di tablet android. Kemungkinan proses dan hasilnya adalah sama.
* Dahulu aplikasi ini bernama "MuamalatMobile", sekarang menjadi "M-Banking Muamalat".
* Aplikasi mobile banking yang saya gunakan tidak didesain untuk ponsel layar sentuh. Navigasinya harus menggunakan tombol yang ada di ponsel atau tombol tambahan di layar, tidak dapat langsung menyentuh menu dalam aplikasi.

Diari Bank Muamalat:
1. http://ry.web.id/?p=263 SMS Shar-E
2. http://ry.web.id/?p=528 Kendali dalam Genggamanmu
3. http://ry.web.id/?p=860 Internet Banking Bank Muamalat

---Tambahan:---
Mulai April 2012, aplikasi MuamalatMobile (atau M-Banking Muamalat) dipindah di bawah domain utama Bank Muamalat:
http://mobile.muamalatbank.com/
Sehingga tautan aplikasi tersebut di atas menjadi:
http://mobile.muamalatbank.com/installer/files/Nokia-E71-mbanking-muamalat.jar
-------

4 komentar:

  1. Alex Ferdinansyah18 April, 2012

    Nice information. Thanks.

    BalasHapus
  2. di hpku bisa kok sob, cm agak berat, @tedy, untuk smentara aku agak sibuk, fmuronya dah aku instal tp blm siap dgunakan. Sementara masalah ngeblog pke hp akan aku buat artikel saja. Soal komentar mas tidak perlu masukin nama dan email terus, yang pnting jangan hapus cookie. Soal wap hosting ada kelebihan dan kekurangan sndiri2. Di xtgem katanya storage unlimited tp untuk buat file xhtml, html atau wml cm dbatasi 15kb per file. Wen.Ru storage cm 200mb, tidak bs parkir domain, akun bs dihapus jika dalam 45 hari tidak login, tp wenru buat ngedit lbh enak. Kalo soal menghasilkan uang, sepertinya XTGEM lbh bagus.via Unknown on Unknown

    BalasHapus
  3. syahrurahman07 Juni, 2012

    siiip/... tq so much

    BalasHapus
  4. subhanallah.. terima kasih, akhirnya ada program muamalat mobile di hape android... jazakumullah

    BalasHapus