2008-12-22

Partikel Terkecil

Seiring meningkatnya jenjang pendidikan seseorang, ilmu pengetahuan yang diperoleh pun juga turut meningkat. Saat masih SD, baru diberitahu mengenai pengetahuan ini. Menginjak SMP, ditambahi pengetahuan itu. Kemudian saat SMA, diajari yang lain lagi.

Hal tersebut untuk menyesuaikan tingkat pemahaman di masing-masing usia. Bisa juga karena ilmu pengetahuan masa SMA belum ditemukan saat masih SD.

Salah satu contoh adalah pengetahuanku mengenai partikel terkecil.
SD

Partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi disebut sebagai atom. Ini berdasarkan pada konsep Demokritus dan teori Dalton.
SMP

Kemudian aku tahu bahwa sebenarnya atom masih dapat dibagi lagi. Atom terdiri dari sebuah inti atom yang dikelilingi oleh satu atau beberapa elektron.


SMU (saat itu namanya bukan SMA)

Banyak hal lain yang kuketahui mengenai atom saat SMU. Inti atom itu masih dapat dibagi lagi, di sana terdapat proton dan netron. Aku juga jadi tahu kalau ada elektron bermuatan positif yang disebut sebagai positron.

Kemudian yang menarik adalah jarak antara inti atom dengan elektron yang mengelilinginya. Jika diibaratkan inti atom sebesar kelereng yang diletakkan di tengah-tengah lapangan sepak bola (sebenarnya aku sama sekali tidak suka dihubung-hubungkan dengan sepak bola), maka jarak lintasan elektron terdekat berada di tepi lapangan. Dengan kata lain, sebagian besar dari sebuah atom adalah berupa ruang kosong.

Aku pun berpikir, matahari adalah sebuah inti atom. Lalu sembilan planet yang mengelilinginya (saat itu Pluto masih dianggap sebagai Planet) adalah elektron-elektron. Atau bisa juga susunan tata surya merupakan sebuah elektron yang mengelilingi inti Bimasakti. Dan seterusnya.
Perguruan Tinggi

Saat kuliah, aku menonton film "Men in Black". Di sana digambarkan adanya kehidupan dalam sebuah liontin. Liontin tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah galaksi. Begitu juga sebaliknya, galaksi tempat kita tinggal adalah berupa sebuah kelereng. Aku lupa, ini di film yang pertama (MIB) atau kedua (MIIB).

Persis. Semacam itulah yang dulu kubayangkan.

Wallahua'alam...

1 komentar:

  1. sekarang juga mulai ngetren intelATOM ... halah :D

    BalasHapus