2018-08-22

Dompet/Uang Elektronik TCASH Full Service untuk Nomor Indosat

Awal Juli 2018 saya iseng mengunduh aplikasi tcash wallet (twallet), lalu mendaftarkan nomor IM3 ke layanan tersebut. Ternyata sudah bisa, tidak harus nomor Telkomsel.

Yang menarik bagi saya selama ini adalah fitur pembayaran yang mereka sebut dengan "tcash tap", yaitu menggunakan NFC pada hape atau stiker khusus. Cara pembayaran yang mirip dengan kartu uang elektronik beberapa bank yang ditempelkan ke mesin EDC, mesin pembaca di gerbang tol, angkutan umum, dll. Tapi tidak sama persis.



Karena hape saya tidak ada NFC, saya mencoba memperoleh stiker NFC melalui web. Namun di sana hanya melayani pelanggan Telkomsel. Di Indomaret tidak jauh dari rumah, saya lihat ada tumpukan stiker ini, dijual dengan harga Rp 5.000. Ya sudah, beli saja di sini.

Hubungkan stiker dengan akun tcash melalui setting profil twallet. Masukkan nomor seri stiker (tertempel di belakang stiker), bukan nomor-nomor lain yang tertera pada kertas pembungkus stiker.


Transaksi dengan cara tcash tap: tempelkan stiker pada mesin EDC merchant, lalu masukkan PIN tcash. Uang tcash ini tidak disimpan pada stiker, tetapi berada di server tcash. Tidak seperti mandiri emoney, BCA flazz, BNI tapcash, BRI brizzi, dll. Sehingga transaksi tap ini memerlukan PIN untuk otorisasi.

Transaksi tcash yang lain adalah menggunakan token, semacam PIN/password sekali pakai. Atau dengan cara memindai kode QR yang dimiliki oleh gerai (QR code payment).

Saat digunakan melakukan pembayaran, transaksi tcash tap di beberapa gerai tidak berhasil. Sedangkan transaksi menggunakan nomor token, selama ini selalu berhasil.

Ada 2 macam akun tcash, mereka sebut sebagai "Basic Service" dan "Full Service". Perbedaan mendasar pada Full Service adalah uang pada tcash dapat kita pindahkan ke tempat lain: transfer ke akun tcash lain atau transfer ke rekening bank.

Proses upgrade dari Basic menjadi Full dapat dilakukan melalui twallet. Di sana masukkan data diri dengan benar sesuai KTP, mengunggah foto KTP, dan mengunggah foto diri sambil memegang KTP. Di bagian akhir, ada penjadwalan proses verifikasi melalui video call. Namun tombol yang ada di sana sama sekali tidak merespons saat dipencet.


Meskipun proses verifikasi melalui video call tidak berhasil, ternyata pada hari berikutnya status akun saya sudah ditingkatkan menjadi Full Service.

4 comments:

  1. manfaatx apa pake t cash?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada yang spesial. Malah menambah repot karena mengelola akun baru.
      Hanya iseng & penasaran.

      Delete
  2. Sekarang kayanya kalah saing ya sama OVO atau yang sejenis.. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Gopay & ovo yang sekarang menguasai pasar karena mereka masih punya banyak duit untuk dibagi-bagi.

      Delete