2013-04-10

WiFi-nya Rusak

Beberapa hari lalu hape saya bermasalah untuk koneksi wifi-nya. Setiap kali wifi dinyalakan, selalu muncul pesan "unable to scan for networks", lalu wifi mati lagi.



Saya ingat betul, terakhir masih dapat digunakan adalah sore pada hari sebelumnya. Kala itu sedang mencoba menghubungkan dengan access point di tempat teman.

Hape yang saya maksud adalah Nexian Journey (FIH NX-A890), dengan perangkat wifi atheros. Menurut boston-mania.blogspot.com, hape ini punya banyak kembaran, yaitu: Orange Boston, GigaByte G1305, Motorola XT502, Apanda A60, Vibo A688, Chinavision Excalibur, Muchtel A1, WellcoM A88, Commtiva Z71, Cincinnati Bell Blaze, dan Foxconn F911.

Sistem operasi masih bawaan sejak beli, yaitu android 2.1. Jadul, memang. Sudah terlanjur digunakan untuk banyak fungsi, sebaiknya sistem operasinya tidak usah diutak-atik.

Dengan bantuan Ghost Commander (bisa gunakan aplikasi pengelola berkas yang biasa Anda pakai), saya berhasil menemukan solusi. Oh, iya, Ghost Commander juga harus memiliki akses menjadi root. Saya menggunakan aplikasi z4root dan superuser.

Dengan Ghost Commander, saya mencoba melihat isi beberapa berkas yang hanya boleh diakses oleh root. Lalu menemukan berkas yang menarik perhatian.



Kemudian saya mencoba menyunting isi /misc2/wifi/wpa_supplicant.conf. Saya hapus beberapa access point terakhir yang saya perkirakan menimbulkan masalah.

Wifi saya coba nyalakan kembali. Ternyata berhasil.

1 komentar:

  1. thx.
    gw google bnyk yg suruh delete bcm_supp.conf.
    gw cari2 nggak bs nemu.
    terang ja, junet kan pake' atheros.
    hahahaha

    BalasHapus