2013-01-09

mPassCode Muamalat

Hampir setahun yang lalu saya mendaftar internet banking Bank Muamalat. Waktu itu di internet banking belum dapat dilakukan transaksi finansial, meskipun dalam menu sudah terlihat.

Beberapa waktu kemudian, fitur untuk transaksi finansial telah diaktifkan. Nasabah perlu melakukan aktivasi "mPassCode" agar dapat menggunakan fitur tersebut. Baru hari kemarin saya mengaktifkannya.

Dalam tulisan sebelumnya, saya menyebutkan bahwa mPassCode adalah alat untuk menghasilkan token, one time password, atau semacamnya. Yang benar adalah mPassCode dikirim melalui pesan singkat (SMS) ke nomor ponsel yang kita daftarkan.

Untuk aktivasi mPassCode, saya harus melakukan registrasi ulang internet banking melalui ATM Muamalat. Setelah mendapatkan SMS dari Bank Muamalat, saya menemui customer service (CS) untuk proses aktivasi.

Saya diminta menunjukkan KTP, kartu ATM (milik saya adalah Shar-e), struk registrasi internet banking (dari ATM), mengisi formulir permohonan (1 lembar), dan menyebutkan kode yang dikirim melalui SMS. Ada juga beberapa pertanyaan tambahan untuk verifikasi bahwa saya adalah benar-benar pemilik rekening tersebut.

Setelah proses aktivasi dengan mbak CS, transaksi finansial sudah dapat dilakukan. Saya login ke situs internet banking, diminta registrasi ulang. Saya berhasil menggunakan username lama, tidak harus menggantinya.

Tambahan (1 April 2013):
Untuk setiap pengiriman mPassCode, dikenakan biaya Rp 550 yang diambil dari saldo pulsa (saya pakai nomor prabayar Indosat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar