2011-08-23

Senter

Saat mudik (mungkin setahun yang lalu), di rumah kulihat ada lampu senter dengan baterai isi ulang. Lampunya menggunakan beberapa buah LED, bukan bohlam/lampu pijar. Kalau nyala lampu mulai redup, tinggal disambungkan ke stop kontak untuk mengisi baterainya. Harganya sekitar Rp 25.000.

Sudah lama lampu senter LED dengan baterai AAA yang kumiliki tidak mau menyala. Sudah diutak-atik tetap saja mati. Kemungkinan lampunya yang bermasalah karena sering terjatuh.

Lalu tertarik untuk membeli lampu senter isi ulang seperti di rumah. Saat mau beli di toko listrik dekat rumah, kebetulan pas sedang habis. Ya sudah, kapan-kapan saja belinya.

Saat berada di sebuah toko besar untuk membeli sesuatu, kucoba melihat-lihat lampu senter di bagian alat listrik. Yang isi ulang ada banyak macamnya. Mulai dari harga Rp 15.000 hingga Rp 50.000. Karena terlalu banyak, malah jadi bingung memilih.



Untuk meredakan rasa bingung, kulihat barang-barang yang lain dulu. Siapa tahu nemu barang yang unik/lucu.

Eh, ada lampu senter aneh, harganya Rp 8.400. Diobral karena tidak laku atau memang harganya murah? Katanya sih menggunakan pompa tangan untuk menghasilkan listrik.

Senter Genjot


Dusnya bisa dibuka karena tidak disegel. Kucoba beberapa barang tersebut. Bisa menyala tanpa kupompa terlebih dahulu. Mungkin ada kapasitor ataupun baterai isi ulang. Pompa digunakan memutar dinamo sehingga menghasilkan listrik untuk mengisi tenaga baterai.

Daripada kelamaan, kuambil lampu senter tersebut dan membawanya ke kasir.

Belum sempat kubongkar isinya. Jadi belum tahu apakah memang benar ada dinamo dan baterai isi ulang seperti yang kubayangkan tersebut di atas.

Kemungkinan lain adalah begini:
Dinamo yang terlihat dan pompa pemutarnya hanyalah rekayasa. Energi untuk menyalakan lampu berasal dari beberapa buah baterai bulat yang bentuknya kecil (baterai kancing). Jika nyala lampu mulai redup, ya sudah, tidak akan kembali terang meskipun dinamonya dipompa.

Karena belum dibongkar, maka saat ini tidak ada kesimpulan.

2 komentar:

  1. bli d mn mas bro? titip kulakan bs g?

    BalasHapus
  2. ternyata benar..
    tetep ada baterenya..
    batere kancing berjumlah 3 biji. :D
    tapi lumayan buat di oprek.

    BalasHapus