2010-02-12

Yo mak plong.

Beberapa hari terakhir saluran pembuangan air kamar mandi mampet, mengalir tidak lancar. Biasanya dapat diatasi dengan disogrok (belum kutemukan kata yang pas dalam bahasa Indonesia) pakai bilah bambu.

Kemungkinan benda yang menyumbat terletak lebih jauh daripada panjang bilah bambu yang dipakai. Karena posisi saluran sedemikian rupa, tidak memungkinkan menggunakan bilah yang lebih panjang, sulit untuk dimasukkan.

Lalu kuteringat saat jalan-jalan di sebuah pasar modern (orang bilang namanya mall). Ada sebuah alat untuk nyogrok saluran air. Terbuat dari logam, mirip kawat berukuran besar namun fleksibel, dapat leluasa meliuk di belokan pipa. Sayangnya aku belum berhasil mengingat itu pasar yang sebelah mana.

Kucari ke beberapa pasar modern di sini. Kuperhatikan baik-baik etalase perlengkapan kamar mandi. Ternyata tidak berhasil kutemukan alat yang kucari.

Sepertinya yang dahulu kulihat adalah saat mudik. Berarti kalau bukan di Solo Kothak ya di SGM. Tidak mungkin menunggu mudik untuk membenahi saluran air.



Kucoba mencarinya lagi. Kali ini di toko besi dekat rumah. Eh, ternyata juga tidak ada. Lalu koko pemilik toko memberikan solusi lain menggunakan bahan kimia. Berupa serbuk yang ditaburkan ke saluran air. Serbuk ini menghancurkan bahan organik. Judulnya "Plonk's: Anti Sumbat".

Cara penggunaan menurut petunjuk produk tersebut adalah seperti ini:


  1. Keringkan saluran air yang tersumbat. (Tidak kulakukan. Kupikir jika bisa kering berarti tidak tersumbat.)
  2. Tuangkan 4 sendok makan serbuk ini ke titik sumbat. (Kupakai paket hemat. Hanya kutuangkan 3 sendok saja.)
  3. Tuangkan 1 gelas air dan diamkan selama 15 menit. Kemudian alirkan air yang deras ke saluran air tersebut. (Ternyata tetap tersumbat saudara-saudara!)
  4. Ulangi jika masih tersumbat. (Aku enggan melakukannya. Kupikir benda yang menyumbat adalah bahan anorganik sehingga tidak berhasil diatasi oleh serbuk ini.)


Langkah-langkah di atas kulakukan pada siang hari. Karena belum berhasil, maka kubiarkan dulu sambil berpikir lagi bagaimana mendapatkan sogrok ajaib itu.

Sore harinya kudapati air kamar mandi tidak tergenang lagi. Kutuangkan banyak air lagi, airnya segera menghilang. Oalah, berarti waktu 15 menit itu belum cukup untuk menghancurkan penyumbatnya.

"Plong rasane njero dadaku
Rasane mak plong lego atiku
Wis ora nyut-nyut sirahku
Saiki aku wis ora ngelu
"
(Paklik Kempot - Plong)

Perhatian:
Serbuk ini mampu menghancurkan bahan-bahan organik dalam waktu yang cukup singkat. Berarti sangat berbahaya, no. Ya to? Hati-hati menggunakannya!

3 komentar:

  1. kalo dijogja mau cari serbuk itu dimana mas?



    reply:
    Coba cari di toko besi, toko perlengkapan rumah tangga, toko bahan kimia, atau toko mana saja yang kita kira menjual barang tersebut. Yang saya beli berjudul, eh, bermerk "Plonk's". Kalau nemu merk lain, beri tahu ya!

    BalasHapus
  2. ya iyalah..waktu 15 menit belum cukup untuk menghancurkan penyumbatnya,,,lha wong pake paket hemat (3 sendok saja)..!!!!

    BalasHapus
  3. waahhh kebetulan sekali mbak, saluran kmr mandi saya lg mampet. oya mbak, kira2 harganya berapa yaa???mksh.

    reply:
    Saya bukan "mbak". Saat itu saya beli Rp 25.000, kemasan toples plastik 1/4 kg.

    BalasHapus