2008-07-10

46 km/l

Spesifikasi:
Tipe: Honda KarismaX 125D
Volume silinder: 125 cc
Tahun pembuatan: 2005

Penggunaan:
Rutin harian: Perjalanan pergi-pulang (PP) rumah-kampus-rumah. Terhalang oleh 1 hingga 2 lampu merah dalam sekali perjalanan (atau PP = 2 hingga 4 lampu merah). Laju maksimal kendaraan yang diperbolehkan di dalam kota adalah 50 km/jam. Sering melanggar hingga 60 km/jam tergantung situasi dan kondisi lalu lintas.

Di luar rutinitas: Main, belanja ke pasar, mudik, dll. Bisa terhalang oleh buaanyak lampu merah.



km/l

Ketentuan:
BBM tersisa: Ditunjukkan oleh indikator di panel (maksimal 6 strip).
Perbandingan jumlah strip tidak mewakili BBM tersisa yang sebenarnya. Misal: Terlihat 3 strip, bukan berarti ada BBM sebanyak 3/6 (separuh) kapasitas tangki.
Jumlah strip yang sama tidak selalu mewakili volume BBM yang sama. Misal: Kemarin pagi dan hari ini terlihat 1 strip, bukan berarti volume BBM hari ini tetap seperti kemarin.

Komsumsi BBM (km/l): Tidak selalu dihitung dalam kondisi yang sama karena durasi pengisian juga tidak selalu sama. Misal: kemarin diisi saat tersisa 3 strip, besok saat 1 strip, berikutnya saat 1 strip.

Curhat:
Meskipun tidak memiliki data seperti di atas, sepeda motor sebelumnya bisa mencapai angka konsumsi BBM seperti ini. Padahal yang sebelumnya adalah SupraX tahun 2002 di mana teknologi pembakarannya lebih boros daripada generasi penerusnya. Berarti yang sekarang boros dong?

4 komentar:

  1. Bagaimana pun honda masih lebih irit
    dibanding lainnya.

    BalasHapus
  2. paling irit tentu saja pakai sepeda pancal haha

    BalasHapus
  3. sekalian itungin motor saya dong

    BalasHapus
  4. kalau karisma aja segitu rata2nya, platb ku berapa yak

    BalasHapus