2010-08-09

Awal Bulan Hijriah

Sebenarnya setiap bulan kita mengalami fase ini. Namun penentuan awal bulan qomariah akan sangat diperhatikan banyak orang menjelang Ramadhan dan 2 hari raya.

Jika menggunakan metode hisab, jauh-jauh hari sudah dapat ditentukan waktunya. Kita dapat mengetahui dari kalender cetak yang ada di rumah. Pengguna Linux juga dapat melihatnya di komputer menggunakan Hijra.


Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 Tentang PENETAPAN AWAL RAMADHAN, SYAWAL, DAN DZULHIJJAH:
1. Penetapan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah dilakukan berdasarkan metode ru'yah dan hisab oleh Pemerintah RI cq Menteri Agama dan berlaku secara nasional.
2. Seluruh umat Islam di Indonesia wajib menaati ketetapan Pemerintah RI tentang penetapan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah.
3. Dalam menetapkan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah, Menteri Agama wajib berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia, ormas-ormas Islam dan Instansi terkait.
4. Hasil rukyat dari daerah yang memungkinkan hilal dirukyat walaupun di luar wilayah Indonesia yang mathla'nya sama dengan Indonesia dapat dijadikan pedoman oleh Menteri Agama RI.


Dalam penentuan 3 momen ini, selain mempertimbangkan hisab juga menggunakan metode ru'yah, yaitu melihat hilal secara langsung. Kemenkominfo menyediakan layanan tayangan langsung mengenai penampakan hilal.

Kita dapat melihat simulasi hilal menggunakan Stellarium di komputer. Simulasi hilal yang ditampilkan di sini adalah berdasarkan pada metode hisab. Saya belum mencari tahu apakah dapat disinkronisasi dengan posisi bulan yang sebenarnya (realtime).

*) Paket Hijra dan Stellarium sudah terdapat dalam distro Sabily dan BlankOn Sajadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar