2008-11-17

Berhemat

PLN melakukan pemadaman bergilir dengan maksud untuk menghemat pemakaian listrik.


Pelanggan rumah tangga harus menyediakan lilin untuk penerangan. Sekarang tidak bisa lagi memakai lampu minyak ataupun petromaks karena bahan bakarnya telah dikonversi menjadi elpiji. Kompor minyak bisa diganti kompor gas, tapi petromaks belum ada yang pakai gas.

Karena penggunaan lilin bisa menjadi boros dan intensitas cahayanya kurang terang, sebaiknya pelanggan rumah tangga membeli lampu darurat. Meski masih kurang terang, namun sudah lebih baik daripada lilin. Lampu jenis ini menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dan bisa otomatis menyala saat listrik PLN padam.

Pelanggan industri dan perkantoran tetap harus menggunakan listrik dalam jumlah besar. Mereka biasanya memiliki generator sebagai sumber listrik cadangan. Generator ini bermesin diesel sehingga memerlukan solar untuk mengoperasikannya.

Sejak beberapa waktu lalu, SPBU oleh Pertamina dilarang menjual BBM kepada pembeli yang menggunakan derigen. Pemilik traktor pembajak sawah bisa membawa traktornya ke SPBU untuk mengisi BBM. Apakah generator listrik harus diangkut ke SPBU juga?


Membeli aksesoris komputer di toko yang memberi harga lebih murah.


Saat telah berada di sebuah toko komputer untuk membeli sesuatu, teringat ada toko lain yang memberi harga lebih murah. Selisihnya cukup besar, yaitu Rp 5.000.

Jika naik sepeda motor, maka perlu membayar parkir di toko saat ini dan toko tujuan. Bensin yang dibutuhkan untuk perjalanan kira-kira 1/2 liter.

Jika naik bus kota, maka perlu mengeluarkan ongkos naik bus untuk menuju toko yang dimaksud.


Bepergian menggunakan bus daripada pesawat.


Perjalanan menggunakan bus memerlukan waktu tempuh yang sangat lama. Sesampainya di tempat tujuan, harus menyewa penginapan paling tidak 2 malam. Selain untuk mempersiapkan kondisi tubuh, juga agar dapat mengikuti seluruh agenda dengan baik tanpa melewatkan sedikitpun.


Bepergian menggunakan bus ekonomi daripada eksekutif.


Selisih harga tiket antara kelas ekonomi dengan eksekutif tentulah sangat menarik. Bus ekonomi dapat diisi oleh banyak penumpang karena letak kursinya berdekatan. Posisi kaki pun tidak bisa dibuat nyaman. Selain itu, kursinya juga tidak ergonomis sehingga membuat cepat letih dan pegal.

Selesai melakukan perjalanan, biasanya memerlukan waktu istirahat yang lebih lama bahkan sampai berobat ke dokter, eh, Puskesmas.


Mudik menggunakan sepeda motor.


Ini pengalaman om saya saat pulang kampung beberapa tahun yang lalu. Ia ingin mencoba bagaimana rasanya mudik dengan sepeda motor dari Jakarta. Jika melihat di TV, sepertinya asyik gitu.

Sesampainya di kampung, ternyata seluruh badan pegal-pegal. Malam-malam harus mengundang tukang pijat. Dalam perjalanan tangan sempat kram, tidak dapat digerakkan.

Akhirnya kapok tidak bermotor lagi. Saat balik, sepeda motor dikirimkan pakai paket yang tarifnya cukup mahal.

1 komentar:

  1. I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future.

    BalasHapus